Sabtu, 04 Mei 2019

CONTOH PROPOSAL PEMBANGUNAN PERPUSTAKAAN SMP HASTINA PURA KOTA MALANG


PROPOSAL PEMBANGUNAN PERPUSTAKAAN SMP HASTINA PURA KOTA MALANG



UJIAN TENGAH SEMESTER
Mata kuliah Manajemen Perpustakaan
Yang dibina oleh Bapak Imam Gunawan, MP.d





Oleh
Linda Kurnia Pratiwi
160131600450





















UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
JURUSAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN
2017




PROPOSAL PEMBANGUNAN PERPUSTAKAAN
SMP HASTINA PURA MALANG
TAHUN 2017







Hasil gambar untuk logo tutwuri handayani





KOTA MALANG
JAWA TIMUR
TAHUN 2017


PROPOSAL
PEMBANGUNAN GEDUNG PERPUSTAKAAN
SMP HASTINA PURA KOTA MALANG



 



























KOTA MALANG
JAWA TIMUR
2017



PENGESAHAN
Proposal pembangunan gedung perpustakaan SMP Hastina Pura Kota Malang tahun 2017, dari, Departemen Pendidikan Nasional disahkan pada :


Hari                 : Selasa
Tanggal           : 25 Oktober 2018



Kepala SMP Hastina Pura                                                      Komite Sekolah





Linda Kurnia Pratiwi, S.Pd, M.Pd                                           Crispina Reni S.Pd
NIP.  160131600450                                                               NIP. 160131600474





Menyetujui / Mengesahkan
Kepala Dinas Pendidikan
Kota Malang






Drs. Nur Salim, S. Pd, M.Pd
Pembina Tk I
NIP. 19905233 199442 1 008















BAB  I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang
Perpustakaan merupakan suatu tempat dimana seorang peserta didik maupun masyarakat umum dapat mencari sumber referensi untuk menyelesaikan tugas yang diembannya. Mengingat begitu banyaknya fungsi perpustakaan sekolah dan kedudukan perpustakaan sebagai bagian paling penting dari sekolah untuk mendukung proses belajar mengajar demi tercapainya tujuan pendidikan nasional dan atau sekolah maka perpustakaan perlu dikelola secara profesional baik tenaga, koleksi, layanan dan  aspek lain yang terkait serta dipenuhi sarana prasarana perpustakaan.
Perpustakaan SMP Hastina Pura Kota Malang belum mempunyai perpusatakaan sekolah yang digunakan sebagai tempat para peserta didik untuk mencari referensi. Oleh karena itu perlu adanya pembangunan perpustakaan sekolah agar dalam proses pembelajaran baik guru maupun  peserta didik dapat dengan mudah untuk mencari jawaban atas pertanyaan yang mungkin mereka tidak bisa menjawabnya.

B.   Tujuan Pembuatan Proposal

1.    Menyediakan bahan-bahan belajar agar dapat menunjang proses belajar peserta didik di sekolah
2.    Guru dapat menambah sumber rujukan untuk bahan pengajaran
3.    Membimbing para siswa agar dapat menggunakan dan memelihara perpustakaan dengan baik.
4.    Mengembangkan cara berfikir siswa agar dapat memecahkan masalahan yang dihadapi
\



C.   Hasil yang diharapkan
1.    Sekolah dapat mengembangkan minat baca dari semua warga sekolah
2.    Para siswa memberikan prestasi yang dihasilkan dari mengikuti olimpiade dan yang berhubungan dengan kemajuan dari sekolah
3.    Guru bisa lebih professional lagi dalam pembelajaran
4.    Memacu guru dan kepala sekolah untuk selalu belajar meningkatkan mutu dan tugas, serta tanggung jawab masing-masing

D.   Waktu Pelaksanaan
Pelaksanaan pembangunan perpustakaan di SMP Hastina Pura Kota Malang dilaksanakan pada bulan Oktober 2017- Maret 2018.

E.    Sumber Dana
1 APBD
Dana Pendamping
1.    APBD Kota Malang
2.    Sumbangan lain yang sah

F.    Landasan hukum
1.    Undang-undang tentang sistem pendidikan tahun 2003
2.    Undang-undang tentang perpustakaan tahun 2008














BAB II



a.    Standar Sarana dan Prasarana Sekolah
Bafadal (2009:21) prasarana disini adalah semacam gedung atau ruang yang dapat digunakan untuk menyelenggarakan perpustakaan sekolah sebagai penunjang proses belajar di sekolah. Sedangkan sarana di sini berarti perlengkapan dan peralatan yang diperlukan dalam menyelenggarakan perpustakaan sekolah.
Perlengkapan dan peralatan tersebut harus memenuhi syarat baik kualitas maupun kuantitasnya. Kualitas di sini berarti mutu perlengkapan dan peralatan. Sedangkan kuantitas di sini mengacu kepada perbandingan antara jumlah perlengkapan dan peralatan dengan jumlah pemakai. Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2014 tentang pelaksanaan UU Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan pasal 22 ayat 3 bahwa gedung perpustakaan harus memenuhi aspek keamanan, keselamatan, dan kesehatan.
b.    Analisis Kebutuhan Sarana Prasarana
Tabel sarana dan prasarana perpustakaan SMP Hastina Pura Kota Malang.
a.    Perabot perpustakaan
No
Nama barang
Jumlah barang
1
Meja sirkulasi
1
2
Meja pengolahan
1
3
Meja baca
10
4
Meja computer
5
5
Kursi kayu
10
6
kursi meja computer
5
7
Almari
5
8
Rak buku
10
9
Loker
10
10
Kotak saran
1
11
Vas bunga
2


b.    Peralatan Perpustakaan
No
Nama Alat
Jumlah Barang
1
Komputer Petugas

1
2

Komputer untuk Anggota Perpustakaan

10
3
Printer canon DVD
2
4
Parabola
1
5
LCD
3
6
Lampu
5
7
Paper Cut
3
8
Kartu tanda anggota
193
9
AC
2

c.    Perlengkapan Perpustakaan
Perlengkapan Perpustakaan, antara lain :
1)   Kartu katalog
2)   Kartu Peminjam Siswa
3)   Buku Induk
4)   Label Buku
5)   Stempel
6)   Alat Tulis
7)   Gambar Garuda Pancasila
8)   Gambar Presiden
9)   Gambar Wakil Presiden
10) Jam Dinding
11) Struktur Organisasi Perpustakaan
12) Daftar buku – buku perpustakaan
13) Tata Tertib Perpustakaan
14) Daftar Inventaris Perpustakaan


·         Gambaran Umum Perpustakaan
Denah ruangan perpustakaan yang akan dibangun di SMP Hastina Pura Kota Malang. Luas ruangan perpustakaan yang akan dibangun di SMP Hastina Pura Kota Malang adalah 250 m2 x 215 m2.

Text Box: 6,Text Box: 8,Text Box: 10,Text Box: 9
 














Keterangan :

1.    Rak Buku                                8.   Rak buku
2.    Toilet                                       9.   Rak Buku
3.    Rak Buku                                10. Rak Buku
4.    Meja Buku                               11. Meja pustaka
5.    Rak Buku                                12. Pintu masuk perpustakaan
6.    Rak Buku
7.    Rak Buku





c.    Standar Operasional Prosedur (SOP)
Struktur organisasi

Contoh+Bagan+Organisasi+Perpustakaan+Sekolah.jpg


1.    Standar operasional prosedur sirkulasi
Tujuan :
a.    Agar siswa dapat mengerti secara jelas proses peminjaman, perpanjangan, dan pengembalian buku di SMP Hastina Pura Kota Malang.
b.    Untuk meminimalisir terjadinya kesalahan baik dalam proses peminjaman, perpanjangan, maupun pengembalian buku di SMP Hastina Pura Kota Malang.
c.    Mempermudah administrator dalam proses mendata siswa dalam peminjaman dan pengembalian buku.

Lingkup:
Prosedur ini berlaku untuk panduan pengelolaan perpustakaan dalam peminjaman, dan perpanjangan buku bahan pustaka di perpustakaan SMP Hastina Pura Kota Malang dengan acuan.
a.           Standar ISO 9001:2008 Sistem Manajemen Mutu persyaratan
b.           UU No. 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan
c.           UU No.23 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Prosedur :
a.    Pada waktu meminjam buku, kartu anggota perpustakaan SMP Hastina Pura Kota Malang harus dibawa.
b.    Setiap anggota berhak meminjam maksimal 2 buku
c.    Satu kali peminjaman selama 7 hari.
d.    Satu hari sebelum jatuh tempo peminjam bisa diperpanjang satu kali masa pinjam.
e.    Melebihi batas waktu peminjaman bisa dikenakan sanksi yaitu berupa denda sebesar Rp. 500,00 (lima ratus rupiah)
f.     Kerusakan / kehilangan buku merupakan tanggungjawab dari peminjam.
g.    Bagi guru / karyawan lama pinjam buku maksimal 1 bulan.

Tata Tertib Perpustakaan:
a.     Harus mempunyai kartu anggota perpustakaan.
b.    Sebelum masuk ke dalam perpustakaan, pengunjung menaruh tas kedalam loker yang telah disediakan.
c.    Pengunjung hanya boleh membawa alat tulis dan laptop.
d.    Tidak diperbolehkan untuk makan, minum, merokok, membuat gaduh dalam perpustakaan.
e.    Pengunjungharus berseragamn sekolah/berpakaian rapi dan tidak boleh memakai sandal.
f.     Mencoret atau merusak segala bentuk perabotan dan fasilitas perpustakaan lainnya akan dikenakan sanksi/denda.
g.    Buku yang telah dibaca harus diletakkan di meja yang telah disediakan  tidak boleh diletakkan ke dalam rak kembali.


d.    Proses Pengadaaan Bahan-bahan Pustaka
No. 
Jenis Buku
Jumlah yang diperlukan
Pengembangan yang dilakukan
1
Buku teks pelajaran
30 buku
Termasuk dalam daftar buku teks pelajaran yang ditetapkan oleh Mendiknas dan daftar buku teks muatan lokal yang ditetapkan oleh Gubernur atau Bupati/Walikota dan juga buku pelajaran yang dibuat oleh sekolah sendiri tspi masih mengacu pada peraturan yang berlaku.
2
Buku Panduan Pendidik
20 buku
Tiap-tiap pendidik harus memiliki masing-masing buku panduan pendidik untuk tiap satu mata pelajaran
3
Buku Pengayaan
24 buku
Terdiri dari 70% non-fiksi dan 30% fiksi. Banyak eksemplar/sekolah minimum, 1000 untuk 3-6 rombongan beajar, 1500 untuk 7-12 rombongan belajar, 2000 untuk 13-18 rombongan belajar, 2500 untuk 18-24
rombongan belajar.
4
Buku referensi
40 buku
Sekurang-kurangnya meliputi Kamus Besar Bahasa Indonesia, Kamus Bahasa Inggris, ensiklopedia, buku statistik daerah, buku telepon, buku undang-undang dan peraturan kitab suci
5
Sumber belajar lain
20 buku
Sekurang-kurangnya meliputi majalah, surat kabar, globe, peta, CD pembelajaran, dan alat peraga matematika



Tabel pengeluaran Buku Mata Pelajaran
Judul Buku
Banyak Buku
Harga Buku (Rp.)
Jumlah Pengeluaran (Rp.)
Bahasa Indonesia SMP/MTS Kelas VII (K13)
70
58000
4060000
Bahasa Indonesia SMP/MTS Kelas VIII (K13)
64
56000
3584000
Bahasa Indonesia SMP/MTS Kelas IX (K13)
61
65000
3965000
Experiencing English For Junior High School Student Year VII (K13)
67
61000
4087000
Experiencing English For Junior High School Student Year VIII (K13)
65
61000
3965000
Experiencing English For Junior High School Student Year IX (K13)
61
72500
4422500
IPA Terpadu SMP/MTS Kelas VII (K13)
71
71000
5041000
IPA Terpadu SMP/MTS Kelas VIII (K13)
65
100000
6500000
IPA Terpadu SMP/MTS Kelas IX (K13)
62
100000
6200000
IPS Terpadu SMP/MTS Kelas VII (K13)
71
70000
4970000
IPS Terpadu SMP/MTS Kelas VIII (K13)
67
62000
4154000
IPS Terpadu SMP/MTS Kelas IX (K13)
67
62000
4154000
Matematika Terpadu SMP/MTS Kelas VII (K13)
70
61000
4270000
Matematika Terpadu SMP/MTS Kelas VIII (K13)
66
60000
3960000
Matematika Terpadu SMP/MTS Kelas IX (K13)
64
80000
5120000
Fisika Terpadu SMP/MTS Kelas VII (K13)
69
61500
4243500
Fisika Terpadu SMP/MTS Kelas VIII (K13)
66
63000
4158000
Fisika Terpadu SMP/MTS Kelas IX (K13)
63
70000
4410000
Biologi Terpadu SMP/MTS Kelas VII (K13)
71
57000
4047000
Biologi Terpadu SMP/MTS Kelas VIII (K13)
64
55000
3520000
Biologi Terpadu SMP/MTS Kelas IX (K13)
62
54000
3348000
Kimia Terpadu SMP/MTS Kelas IX (K13)
63
61500
3874500
Ekonomi Terpadu SMP/MTS Kelas VII (K13)
69
50000
3450000
Ekonomi Terpadu SMP/MTS Kelas VIII (K13)
65
49000
3185000
Ekonomi Terpadu SMP/MTS Kelas IX (K13)
62
50000
3100000
Geografi Terpadu SMP/MTS Kelas VII (K13)
69
59000
4071000
Geografi Terpadu SMP/MTS Kelas VIII (K13)
65
60000
3900000
Geografi Terpadu SMP/MTS Kelas IX (K13)
62
61500
3813000
Sejarah Terpadu SMP/MTS Kelas VII (K13)
70
63500
4445000
Sejarah Terpadu SMP/MTS Kelas VIII (K13)
67
61000
4087000
Sejarah Terpadu SMP/MTS Kelas IX (K13)
64
59500
3808000
Pendidikan Kewarganegaraan Terpadu SMP/MTS Kelas VII
70
56000
3920000
Pendidikan Kewarganegaraan Terpadu SMP/MTS Kelas VIII
67
58000
3886000
Pendidikan Kewarganegaraan Terpadu SMP/MTS Kelas IX
64
59000
3776000
TIK Terpadu SMP/MTS Kelas VII
70
55000
3850000
TIK Terpadu SMP/MTS Kelas VIII
65
57500
3737500
TIK Terpadu SMP/MTS Kelas IX
64
54500
3488000
Bimbingan Konseling SMP/MTS Kelas VII
67
57000
3819000
Bimbingan Konseling SMP/MTS Kelas VIII
65
72500
4712500
Bimbingan Konseling SMP/MTS Kelas IX
67
72500
4857500
Seni Budaya SMP/MTS Kelas VII
70
85000
5950000
Seni Budaya SMP/MTS Kelas VIII
65
85000
5525000
Seni Budaya SMP/MTS Kelas IX
63
85000
5355000
Penjasorkes SMP/MTS Kelas VII
68
79000
5372000
Penjasorkes SMP/MTS Kelas VIII
65
79000
5135000
Penjasorkes SMP/MTS Kelas IX
67
79000
5293000
Ayo Belajar Agama Islam Kelas VII
70
56000
3920000
Ayo Belajar Agama Islam Kelas VIII
65
56000
3640000
Ayo Belajar Agama Islam Kelas IX
70
56000
3920000
Total
210069000


e.    Jenis klasifikasi yang akan digunakan
Di dalam pembangunan yang akan dilakukan oleh SMP Hastina Pura Kota Malang ini rencananya yang akan digunakan dalam sistem pengklasifikasian terhadap perpustakaan ini menggunakan sistem Klasifikasi Persepuluhan Dewey. Dimana sistem klasifikasi yang persepuluhan Dewey Decimal Classification (DDC), diciptakan oleh Melvil Dewey pada tahun 1873 dan pertama kali diterbitkan pada tahun 1876. Semua bagan atau sistem klasifikasi, berusaha untuk menyusun semua subyek yang mencakup keseluruhan ilmu pengetahuan manusia ke dalam suatu susunan yang sistematis dan teratur, yang umumnya terdiri dari sejumlah kelas utama, yang masing-masing diperinci lagi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil lagi. Menurut urutan yang logis, yang biasanya dari yang bersifat umum kepada yang bersifat khusus. DDC adalah salah satu klasifikasi yang paling banyak dipakai di seluruh dunia  dan sudah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa. Bagan DDC terdiri dari kelas utama, divisi, seksi, subseksi yang masih banyak diperinci lagi. Klasifikasi Dewey muncul pada sisi buku-buku koleksi perpustakaan. Klasifikasi dilakukan berdasarkan subjek, kecuali untuk karya umum dan fiksi. Kodenya ditulis atau dicetakkan ke sebuah stiker yang dilekatkan ke sisi buku atau koleksi perpustakaan tersebut. Bentuk kodenya harus lebih dari tiga digit; setelah digit ketiga akan ada sebuah tanda titik sebelum diteruskan angka berikutnya.
Klasifikasi Persepuluhan Dewey pertama-tama membagi ilmu pengetahuan ke dalam 10 kelas utama.  Kemudian masing-masing kelas utama dibagi lagi ke dalam 10 divisi, dan selanjutnya masing-masing divisi dibagi lagi ke dalam 10 seksi, sehingga dengan demikian DDC terdiri dari 10 kelas utama, 100 divisi dan 1000 seksi. Meskipun demikian, DDC masih memungkinkan diadakannya pembagian yang lebih lanjut.
Ada 10 kelas utama yang dibagi dalam Klasifikasi Persepuluhan Dewey yang dibagi lagi dalam 10 bagian. Sepuluh kelas utama tersebut biasanya dinamakan ringkasan pertama (first summary) dan terdiri dari :

000      Karya Umum
100      Filsafat
200      Agama
300      Ilmu-Ilmu Sosial
400      Bahasa
500      Ilmu-Ilmu Murni
600      Ilmu-Ilmu Terapan (Teknologi)
700      Kesenian Dan Olahraga
800      Kesusasteraan
900      Sejarah Dan Geografi
                                                                              


f.     Katalogisasi bahan pustaka
Katalog yang digunkaan di SMP Hastina Pura Kota Malang adalah katalog kartu (card catalogue) jenis kartu katalog ini yang paling umum di perpustakaan seluruh dunia, sebelum peran computer menggantikannya. Setiap entri dituangkan dalam kartu standar berukuran 7,5 x 12,5 cm. Kumpulan entri ini kemudian disusun secara sistematis berdasarkan pengarang, subyek, judul dan call number ke dalam almari katalog. Katalog kartu sangat fleksibel terhadap perubahan koleksi perpustakaan, karena jenis katalog ini akan dengan mudah diadakan penambahan dan pengurangan/penyusutan atau perubahan terhadap entrinya bisa dilakukan pada kartu itu sendiri, dan kemudian file kembali.

g.    Pengaturan dan pemeliharaan buku-buku
1.    Persiapan sirkulasi
Sebelum buku-buku perpustakaan sekolah disusun dan disimpan, sebaiknya buku di lengkapi dengan perlengkapan buku. Semua ini akan mempermudah dalam pelayanan sirkulasi atau peminjaman kepada pembaca.
2.    Penyusunan buku
Penyusunan buku merupakan kegiatan yang tidak kalah penting dengan kegiatan-kegiatan lain dalam rangkaian pengelolaan perpustakaan sekolah, dan harus mendapatkan perhatian dari guru pustakawan. Tujuan penyusunan buku di rak yaitu, untuk mencegah buku-buku dari kerusakan dan memelihara buku dalam keadaan rapi dan bersih.
3.    Pemeliharaan buku
Pemeliharaan bahan perpustakaan adalah upaya menjaga keselamatan buku-buku dan bahan dari kerusakan sehingga koleksi perpustakaan tersebut dapat berumur panjang dan dapat dimanfaatkan dalam waktu yang lama.

h.    Pengaturan pelayanan pembaca
Perpustakaan sebagai salah satu lembaga penyedia informasi yang semakin hari semakin mendapat perhatian serius dari berbagai pihak. Agar bahan informasi yang dikelola perpustakaan dan fasilitas yang disediakan lebih berdayaguna, maka perlu  usaha untuk memberdayakan secara optimal. Dengan demikian, SMP Hastina Pura Kota Malang harus memperhatikan pelayanan yang perlu dilakukan dalam pelayanan pembaca perpustakaan. Terdapat beberapa jenis pelayanan yang ada dalam perpustakaan yakni, (1) pelayanan sirkulasi, (2) pelayanan referensi, (3) pelayanan pendidikan dan penerangan, (4) tata tertib perpustakaan.

1.      Tahap Persiapan
a.      Pemberian Label pada Buku
Pemberian label biasanya ditempelkan pada punggung bagian bawah. Tata cara pembuatannya adalah sebagai berikut:
1)  Kita persiapkan secarik kertas yang berukuran 7 X 3 cm.
2)  Ambilah sebuah buku yang akan dibuatkan label buku, telitilah subyek bukunya, sekaligus tentukan nomor klasifikasinya. Nomor klasifikasi tersebut dituliskan atau diketikkan di tengah-tengah bagian atas kertas, sebagaimana telah disiapkan pada langkah pertama.
3)  Dibawah nomor klasifikasi, tuliskan atau ketikkan tiga huruf pertama pengarang. Hurud pertama ditulis dengan huruf besar, sedangkan huruf kedua dan ketiga ditulis dengan huruf kecil.
4)  Di bawah huruf kedua nama pengarang, tuliskan atau ketikkan huruf pertama judul buku. Huruf pertama judul buku ini ditulis dengan huruf kecil.
5)  Setelah selesai, tempelkan kertas tersebut pada punggung buku bagian bawah.
b.      Pemberian Kartu Buku beserta Kantongnya
Kartu buku dapat dibuat dari kertas manila atau kertas gambar yang tebal yang berukuran 7½ X 12½ cm. Pada bagian atas kartu buku ini diberi keterangan tentang nomor klasifikasi, judul buku, dan pengarangnya. Kartu buku ini dibagi menjadi dua kolom. Kolom pertama untuk mencatat tanggal pengembalian, sedangkan kolom kedua untuk mencatat nomor peminjam. Nantinya kartu ini dimasukkan ke dalam kantong buku.
c.      Pemberian Slip Tanggal
Pemberian slip tanggal ini dapat dibuat dari kertas biasa yang berukuran 7½ X 12½ cm. Slip tanggal ini ditempelkan pada halaman buku yang paling belakang. Usahakan penempelan slip tanggal ini tidak mengganggu teks, indeks, dan sebagainya.
d.      Pemberian Sampul Buku
Langkah terakhir dalam kegiatan pemasangan kelengkapan buku adalah memasang sampul pada buku. Setiap buku perlu diberi sampul plastik agar buku tidak mudah rusak. Memasang sampul buku secara tidak langsung telah melakukan kegiatan perawatan bahan pustaka yang dapat memperpanjang usia buku.
b.      Tata Kerja Penyusunan Buku Bacaan Perpustakaan
Dalam tata kerja penyusunan buku bacaan perpustakaan dilakukan sesuai dengan prosedur, diantaranya yakni:
a.      Tulisan nomor penempatan (call number) pada label yang ditempelkan pada pungggung buku berfungsi sebagai peunjuk tempat dan nomor urut di mana buku yang bersangkutan harus ditempatkan dan disusun pada rak buku.
b.      Dengan demikian tulisan nomor penempatan (call number) tersebut harus selalu dipergunakan sebagai pedoman dalam menyusun buju yang bersangkutan pada rak buku.
c.      Karena itu sebelum menyusun buku-buku pada rak buku, lebih dahulu harus memperhatikan nomor penempatan (call number) masing-masing buku terperinci mulai dari nomor klas, kemudian 3 huruf kependekan nama utam/keluarga pengarang dan 1 huruf pertama dari judul sampai kepada yang lain-lain.
d.      Kemudian barulah pelaksanaan menyusun buku-buku pada rak buku dapat dilakukan dengan cara pertama-tama buku-buku disusun menurut nomor klas mulai dari yang terkecil sampai dengan yang terbesar, kemudian susunan dilanjutkan dengan susunan alfabetis 3 huruf kependekan nama utama/ keluarga pengarang satu persatu mulai huruf ke-1, ke-2, ke-3 dilanjutkan dengan urutan secara alfabetis pula 1 huruf pertama dari judul, selanjutnya diteruskan dengan urutan nomor maupun huruf lain-lain yang kiranya masih tercantum dalam label nomor penempatan.
e.      Pemberian cap atau stempel pada bagian-bagian buku pustaka




2.         Bimbingan pemakai
Bimbingan pemakai merupakan bimbingan yang diberikan kepada pengguna agar mampu menggunakan koleksi dan sumber informasi dengan tepat dan cepat. Bentuk pelayanannya adalah :
a.    Memperkenalkan tata tertib atau aturan perpustakaan kepada pengunjung/ pembaca.
b.    Bagaimana cara menggunakan katalog.
c.    Bagaimana cara membaca yang baik.
d.    Bagaimana cara mencari dan menelusuri untuk menemukan buku pada rak.
e.    Bagaimana cara meminjam dan mengembalikan serta proses perpanjangan buku tepat waktu.

























RENCANA PELAKSANAAN PEMBANGUNAN, dan JADWAL PELAKSANAAN
                       
A.    Panitia pembangunan gedung

No
Nama
Jabatan
1
Muhammad Su’ud, S.Pd, M.Pd
Penanggung jawab(ks)
2
Ari Mufidah S.Pd
Ketua(wakasek)
3
Nirina Putri S.Pd
Sekretaris
4
Dian Prast S.E
Bendahara
5
Adinda Novia
Anggota

B.     Jadwal pelaksanaan kegiatan
NO
Nama Kegiatan
Bulan



Oktober
2017
Maret
2018
1
Menganalisis kebutuhan Sarana dan Prasarana
v

2
Pengadaan bahan-bahan pustaka
v

3
Perencanaan Anggaran
v

4
Rapat panitia
v

5
Pelaksanaan pengadaan sarpras

v
6
Pelaksanaan tata ruang letak

v
7
Pelaksanaan pengaturan bahan pustaka

v

              
              







DAFTAR RUJUKAN

Bafadal Ibrahim.2009.Pengalolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta:Bumi Aksara.
Bafadal Ibrahim.2005.Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta:Bumi Aksara.
Bafadal Ibrahim.2015.Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta:Bumi Aksara.
Eryono.2002.Pengelolaan Bahan Pustaka. Jakarta:Universitas Terbuka.
Hamakonda P Towa, dkk. Pengantar Klasifikasi Persepuluhan Dewey. Jakarta:PT.BPK Gunung Mulia.
Peraturan pemerintah nomor 24 tentang pelaksanaan UU nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan. Pasal 22 ayat 3. Online (kelembagaan.pnri.go.id)
Peraturan Pemerintah Nomor 24 tahun 2014 tentang pelaksanaan undang-undang Nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan. (Online), (www.pnri.go.id), diakses 21 Oktober 2017.
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.2015. standar layanan perpustakaan dan informasi bidang layanan koleksi umum. Jakarta:Perpustakaan Nasional RI.
Rochjani.201. pelayanan perpustakaan sekolah. Malang:Universitas Negeri Malang.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan
http://pp.ktp.fip.unp.ac.id/?p=36 tentang pengelolaan perpustakaan sekolah. (online) diakses 21 Oktober 2017.
http://ilenkim.blogspot.co.id/2014/05/pengaturan-dan-pemeliharaan-buku-buku.html?m1 tentang pengaturan pemeliharaan buku perpustakaan. (online) diakses 21 Oktober 2017.
http://www.lazada.co.id/beli-komputer/. (online) 21 Oktober 2017.
http://www.scribd.com/document/250969171/contoh-proposal-perpustakaan-sekolah. (online) diakses 21 Oktober 2017.





0 komentar:

Posting Komentar